Gunung Ijen Siaga Level III

Gunung Ijen memiliki ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut. Gunung ini termasuk rangkaian gunung berapi di Jawa Timur. Kawah Ijen yang terus mengeluarkan asap belerang dan kandungan batu belerang yang tidak pernah berhenti menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.
 Meningkatnya aktivitas Gunung Ijen di kabupaten Bondowoso, Banyuwangi, Jawa Timur menurut Badan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan terhitung mulai hari ini (18/12) status gunung ini menjadi Waspada (level II) menjadi Siaga (level III).
"Kenaikan ini didasarkan pada hasil pengamatan kegempaan, visual, kandungan gas berbahaya, suhu, dan perubahan air danau kawah serta analisis data vulkanik lainnya." kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Penanggulangan Bencana (BPNPB).
BPNPB pun mengimbau pada penambang belerang di sekitar kawah ijen dan wisatawan dilarang melakukan pendakian hingga 1,5 km dari kawah Gunung Ijen.


BPNPB juga menghimabau agar masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar Gunung Ijen untuk selalu waspada bila terjadi letusan tiba-tiba. Masyarakat pun diminta agar tetap tenang dan tidak panik karena BPNPB akan terus memantau perkembangannya.
Meskipun aktivitas Gunung Ijen dalam status Siaga namun masih banyak penambang belerang tradisional serta wisatawan yang berada di area kawah Ijen.
BPNPB mencatat 5 dari 127 gunung api aktifi di Indonesia saat ini berstatus Siaga (level III), sedangkan 19 gunung aktif lainnya masih berstatus waspada.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

semoga tidak berkelanjutan

Giovanny Praisukma Pertiwi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
vanny mengatakan...

amin...