Kreativitas Kunci Memenangi Pasar

Banyak perusahaan yang kebingungan menjalankan bisnisnya. Efek krisis finansial yang mengglobal menyebabkan banyak perusahaan berada pada titik pelik yang dapat berujung pada kebangkrutan. Dampak krisis finansial tersebut menyebabkan turunnya daya beli masyarakat sedangkan produksi dan operasional perusahaan harus meningkat drastis.

Judul         : Marketing is Bullshit
Pengarang : Ippho santosa
Penerbit    : PT.Elex Media Komputindo
Halaman   : XVIII + 179
Dalam permasalahan tersebut apa yang harus dilakukan perusahaan untuk tetap mengokohkan aktivitas perusahaannya. Dalam buku ini Ippho Santosa melemparkan strategi untuk memperkokoh profit perusahaan dalam kondisi apapun yaitu sebuah "kreativitas". Ippho dengan lantang membawa kreativitas sebagai kunci dari bagian marketing sebuah perusahaan. Menurutnya marketing hanya omong kosong bila tidak dibarengi oleh kreativitas pemiliknya.Penggunaan kreativitas sebagai pengembang perusahaan memang harus dipikirkan.
Buku ini menjadi relevan dalam mengatasi hambatan dan tantangan pebisnis dewasa ini. Ippho menggagas dengan segar bahwa kreativitas sangat berpengaruh pada eksistensi perusahaan.Pembaca diajak membabat konsep marketing yang hanya omong kosong yang selama ini diagung-agungkan oleh kebanyakan pebisnis.
Menurut Ippho pada salah satu isi bukunya terobosan itu sebuah pemborosan, karena sesuatu yang inovatif yang bernilai mahal belum jelas masa depannya.
Dalam melawan presepsi yang demikian Ippho menanggapi dengan contoh yang jenaka. Contoh perusahaan sepatu asal Jepang, Onitsuka Tiger dalam mempromosikan produknya melalui media online. Onitsuka Tiger membuat kontes yel-yel secara terbuka pada media online tersebut.Apa yang dilakukan oleh Onitsuka Tiger membuktikan bahwa terobosan perusahaan mereka dilakukan dengan biaya yang murah, yaitu hanya mengeksploitasi sumber daya internet yang ada di perusahaan mereka. Inovasi dengan biaya minimalis ini ternyata memberikan efek dalam mempromosikan produk Onitsuka Tiger.
Bahwa apa yang dikabarkan Ippho dalam bukunya bukanlah semata-mata konsep yang kokoh yang tak dapat dirobohkan namun ia membawakannya dengan tatanan yang praktis. Kita dapat mengaplikasikannya untuk meledakkan profit bisnis yang kita miliki. Setidaknya dengan buku ini kita mampu tersugesti untuk terus kreatif dalam mengembangkan bisnis yang kita miliki. Jangan takut untuk berbisnis!

2 komentar:

Novita R mengatakan...

aku beliin fan bukunya :D

ayo folbek beb. . beezproject.blogspot.com

vanny mengatakan...

:) hehe
uda aku folbek