Kembaran Bumi Layak Huni ?

Banyak yang bilang ada "kembaran bumi" namun kelayakan untuk dihuninya patut dipertanyakan. Ada sebuah planet yang diteliti sebagai "kembaran bumi".

Ilmuwan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menguak keberadaan planet yang bisa mendukung kehidupan ,namanya kepler-22b. Ditemukan oleh teleskop luar angkasa Kepler.
Para ilmuwan terus mengkaji "kembaran bumi" tersebut. Menurut penelitian baru Kepler ini teridentifikasi besarnya dua kali besar bumi dengan temperatur rata-rata 22 derajat celcius.
Kepler 22-b ini juga memiliki atmosfer yang mendukung kehidupan hanya saja kekurangannya jaraknya terlampau jauh 600 cahaya dari bumi.
Kepler-22b yang pertama kali dinamakan "super earth" yang terletak di zona habitasi, yang memiliki bintang yang mirip dengan matahari kita. Planet ini dijuluki "Goldilock Zone",lokasi dimana planet memiliki suhu yang cocok, yang memungkinkan ekstensi air di permukaannya. Ini berarti planet ini memiliki benua dan samudra seperti layaknya bumi.
Ilmuwan yakin kepler-22b tidak hanya mendukung untuk kehidupan namun kemungkinan sudah ada makhluk yang hidup disana.
Seperti diketahui teleskop kepler yang diluncurkan NASA telah mengawasi 155.000 bintang yang digunakan untuk mencari planet yang layak huni.
Bintang di sekitar orbit kepler-22b adalah lyra dan cygnus. Ukurannya lebih redup 25 persen dari matahari dan lebih kecil.
Planet tersebut mengorbit bintangnya selama 290 hari,dengan jarak 15 persen lebih dekat dari jarak bumi ke matahari.
Dr.Douglas Hudgins,ilmuwan progran kepler di markas NASA Washington mengatakan "Ini adalah tonggak untuk menemukan kembaran bumi."

0 komentar: